Tugas Individu Manajemen Pemasaran – Strategic Planning, Prof Dr. Ir. Ujang Sumarwan, MSc.

// March 26th, 2014 // Uncategorized

Yogi Syamriadi P056132972.49E

Graduate Program of Management and Business – Bogor Agricultural University

 

 

Tim Pengajar:

Prof Dr. Ir. UjangSumarwan, MSc

www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id

sumarwan@mb.ipb.ac.id

Dr. Mukhamad Najib, MM

Dr. Ir. Kirbrandoko, MSM

 

 

Manajemen Pemasaran, merupakan mata kuliah Pada Triwulan 2 program MB IPB pada angkatan E49. Dosen pengajar mata kuliah ini adalah Prof Dr Ir Ujang Sumarwan MSc., Dr Ir Kirbrandoko, MSM. dan Dr. Mukhamad Najib, MM.

Dengan metode pengajaran di kelas yang interaktif dituntut mahasiswa untuk berinteraksi terhadap materi yang diberikan, beberapa sesi lainnya membuat mahasiswa untuk menampilkan pendapat pribadi maupun kelompok mengenai jurnal-jurnal internasional terkait manajemen pemasaran, mendiskusikan perkembangan persaingan industri coklat dari semua aspek marketing dan membuat analisa di industri berbasis agribisnis per masing-masing kelompok serta sebagai tugas akhir, Mahasiswa diminta  merancang bisnis baru dengan membuat business plan secara komprehensif dari konsep produk, strategi marketing, kemasan, iklan serta analisa biaya dan pendapatan.

Suasana kelas dan diskusi antar kelompok dalam pembahasan tugas

 

Beberapa hal yang disampaikan telah disampaikan dalam materi kelas adalah sebagai berikut:

Perencanaan Strategis

Adalah bagian pertama yang dilakukan dalam rekayasa informasi (information engineering), kemudian bagian  berikutnya adalah analisis area bisnis (business area analysis), perancangan sistem (system design), dan konstruksi (construction). Perencanaan Strategis (Strategic Planning) adalah alat manajemen yang digunakan untuk mengelola kondisi saat ini untuk melakukan proyeksi kondisi pada masa depan, sehingga rencana strategis adalah sebuah petunjuk yang dapat digunakan, yang bertujuan menghasilkan profit / keuntungan dan going concern.

Suatu pengambilan keputusan strategis (strategis decisions) membutuhkan komitmen atas sumber daya secara jangka panjang.

Rencana Pemasaran

  • Sebagai dasar bagi manajemen dalam melakukan perbandingan kinerja yang diharapkan dengan realisasi
  • Menjelaskan semua kegiatan yang membantu para user dalam memahami dan bekerja sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai
  • Mengkaji tentang lingkungan pemasaran (marketing environment) serta cara kerja karyawan perusahaan
  • Setelah rencana pemasaran dibuat, dijadikan acuan bagi keberhasilan aktivitas perusahaan di masa mendatang
  • Memudahkan manajer pamasaran untuk masuk ke pasar dengan kesadaran akan berbagai kemungkinan

Strategi pemasaran meliputi kegiatan menyeleksi dan penjelasan satu atau beberapa target pasar dan mengembangkan serta memelihara suatu bauran pemasaran yang akan menghasilkan kepuasan bersama sengan pasar yang dituju.

Elemen yang terdapat dalam rencana pemasaran :

  • Penentuan misi dan target perusahaan
  • Melakukan analisis situasi
  • Menggambarkan pasar yang dituju dan menetapkan komponen bauran pemasaran.

Dalam mata kuliah Manajemen Pemasaran, menggunakan acuan teori maupun literature dari buku dibawah ini:

 

 Lecture Notes based on book by Ujang Sumarwan, Agus Djunaidi, Aviliani, H.C Royke Singgih, Jusup Agus Sayino, Rico R. Budidarmo, Sofyan Rambe. 2009.Pemasaran Strategik :Strategis untuk Pertumbuhan Perusahaan dalam Penciptaan Nilai bagi Pemegang Saham(Strategic Marketing: Strategy for Corporate Growth in Creating Share Holder Value). Jakarta. Inti Prima.

 

Sumarwan, U., Achmad Fachrodji., Adman Nursal., Arissetyanto Nugroho., Erry Ricardo Nurzal., Ign Anung Setiadi., Suharyono., Zeffry Alamsyah. Cetakan ke 2.2011. Pemasaran Strategik : Persfektif Value-Based Marketing dan Pengukuran Kinerja Strategic Marketing: Value Based and Performance Measurement Perspectives). Bogor, IPB Press.

Skip to toolbar